Rabu, 24 November 2010

TUGAS IBD V

1.      Jelaskan macam-macam keadilan dan sebutkan pegertiannya?
Jawab:
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban.
-         Keadilan legal atau keadilan moral : keadilan yang timbul karena penyatua dan penyesuaian untuk member tempat selaras kepada bagian-bagia yang membentuk suatu masyarakat. Plato berpendapat bahwa keadilan dan hukum merupakan subtansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orag menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya. Pendapat ini disebut keadilan moral/keadilan legal.
-         Keadilan distributif : aristoteles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama (justice is done when equals are treated equally)
-         Keadilan komutatif ;keadilan ini bertujuan untuk memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.



2.      Jelaskan pengertian keadilan menurut aristoteles,plato dan Socrates?
Jawab :
·        Aristoteles : kelayakan dalam tindakan manusia
·        Plato : diproyeksikan pada diri manusia sehingga yang dikatakan adil adalah orang  yang mengendalikan diri dan perasaannya dikendalikan oleh akal
·        Socrates : memproyeksikan keadilan pada pemerintahan, eadilan tercipta bilamana warga Negara sudah merasakan bahwa pihak pemerintah sudah merasaka bahwa phak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

3.      Sebutkan bermacam-macam aspek sebab orang melakuka kecurangan ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya?
Jawab :
Aspek ekonomi, aspek kebudayaan, aspe peradaban, da aspek teknik. Apabila empat aspek tersebut dilaksanakan secara wajar , maka segalanya akan berjalan dengan norma-norma moral atau norma hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar