Rabu, 24 November 2010

TUGAS IBD IX

1.      Jelaskan pengertian harapan?
Jawab :
Harapan adalah keinginan  supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Harapa menyangkut masa depan.

2.      Apa persamaan harapan dan cita-cita?
Jawab :
-          keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud
-         Pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat.

3.      Apa perbedaan cita-cita dan harapan?
Jawab :
Harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita pada umumnya perlu setinggi bintang.

4.      Jelaskan yang mendorong manusia mempunyai harapan ?
Jawab :
Dorongan kodrat (sifat, keadaan, pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia itu diciptakan, misalnya menangis , gembira, berjalan , berkata, mempunyai keturunan, dsb.

Dorongan kebutuhan hidup, sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam – macam kebutuhan hidup yaitu kebutuhan jasmani dan rohani.

5.      Jelaskan pendapat Abraham maslow mengenai kodrat harapan manusia
Jawab :
a.      Kelangsungan hidup (survival) : manusia membutuhkan sandang, pangan, dan papan.
b.      Keamanan : setiap orang membuuhkan keamanan
c.      Hak dan kewajiban mencntai dan dicintai : tiap orang memiliki hak dan kewajiban. Dengan pertumbuhan manusia maka tumbuh pula kesadaran antara hak dan kewajiban.

6.      Jelaskan 3 teori kebenaran?
Jawab :
1.      Teori koherensi atau konsistensi  : suatu pernyataan yang dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koherensi/konsisten dengan pernyataan-pernyataan sebelumnya yang dianggap benar. Contoh :setiap manusia akan mati. Paul manusia. Paul akan mati.
2.      Teori  korespondensi : suatu teori yang mejaanka bahwa suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang di kandung pernyataan itu berkorenponden (berhubungan) dengan objek yang dituju oleh pernyataan tersebut. Contoh : Jakarta ibukota republic Indonesia .
3.      Teori pragmatis : kebenaran suatu pernyataan yang diukur dengan criteria apakah pernyataan tersebut bersifat fungsional dalam kehidupan praktis.

7.      Dihubungkan dengan harapan, jelaskan maksud pepatah “seperti pungguk merindukan bulan”?
Jawab :
Maksud pepatah tersebut adalah menginginkan sesuatu yang tidak mungkin, berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha seseorang yang mempun yai harapan.

8.      Bagaimana cara harapan/keinginan dapat terwujud?
Jawab :
Usaha orang yang punya harapan,tergantung pada pengetahuan ,pengalaman, lingkungan,kemampua masing-masing, harus berdasarkan kepercayaan diri sendiri dari Tuha Yang Maha Esa,dan dengan usaha dan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar