Rabu, 24 November 2010

TUGAS IBD VI

1.      Sebutkan pengertian pandangan hidup?
Jawab :
Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalama sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.



2.      Sebutkan 3 macam klasifikasi pandangan hidup berdasarkan asalnya ?
Jawab :
a.      Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandanga hidup yang mutlak kebenaranya
b.      Pandangan hidup yang berupa ideology yang disesuaika dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
c.      Pandangan hidup hasil renunga yaitu pandangan hidup yang relative kebenarannya.

3.      Pada dasarnya pandanga hidup memiliki 4 unsur , tuliskanlah unsure-unsur tersebut?
Jawab :
4 unsur yaitu cita-cita, kebijakan, usaha, keyakinan/ kepercayaan. Keempat unsure tersebut merupakan satu rangkaian kesatuan yang tidak terpisahkan.

4.      Sebutkan  3 faktor agar seseorang dapat mencapai cita-cita?
Jawab :
Yaitu : Faktor manusia (ditentukan oleh kualitas manusianya), faktor kondisi (yang menguntungkan dan menghambat terciptanya cita-cita),faktor tingginya cita-cita


5.      Untuk mengetahui kebaikan dari 3 segi , tuliskanlah?
Jawab :
1.      Manusia sebagai makhluk pribadi, dapat menentuka sendiri apa yang baik dan apa yang buru . baik dan buruk ditentukan oleh suara hati.
2.      Manusia sebagai anggota masyarakat, maka seseorang terikat oleh suara masyarakat. Setiap masyarakat adalah kumpulan pribadi-pribadi ,sehingga setiap suara masyarakat pada hakekatnya adalah kumpula suara hati pribadi- pribadi dalam masyarakat.
3.      Manusia sebagai makhluk Tuhan, manusiapun mendengarkan suara hati Tuhan. Suara Tuhan selalu membisikkan agar manusia berbuat baik da mengelakka perbuatan yang tidak baik




6.      Sebutkan 3 faktor yang mempengaruhi tingkah seseorang ?
Jawab :
1.      Faktor pembawaan (hereditas) : ditentukan pada waktu seseorang dalam kandungan, diturunkan oleh orang tua.
2.      Faktor lingkungan (environment) : merupakan alam kedua yang terjadinya setelah orang anak lahir (keluarga,sekolah, masyarakat)
3.      Faktor pengalaman : yang khas yang pernah diperoleh , baik pengalaman pahit sifatnya negative, maupun pengalaman manis yang sifatnya positif memberikan kepada mansia bekal sebagai pertimbangan sebelum seseorang mengambil tindakan.

7.      Sebutkanlah urutan langkah-langkah dalam melaksanakan pandangan hidup?
Jawab :
1.      Mengenal
2.      Mengerti
3.      Menghayati
4.      Meyakini
5.      Mengabdi
6.      Mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar