tema :
ANALISIS
PERSAINGAN PRODUK SEPEDA MOTOR BERDASARKAN SEGMENTASI PASAR
Perkembangan usaha dewasa ini telah
diwarnai dengan berbagai macam persaingan di segala bidang.salah satunya adalah
persaingan bisnis yang sangat ketat yang mengakibatkan perubahan perilaqku
konsumen didalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.Mengingat
perkembangan tekhnologi yang semakin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan
tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing.melihat kondisi tersebut
menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam
memenuhi penjualan, dengan demikian setiap perusahaan harus memahami perilaku
konsumen pada pasar sasaranya karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut
sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen
sangat tergantung pada perilaku konsumenya.
Kondisi yang selalu berubah mengakibatkan para pemasok mengalami
kesulitan dalam membentuk dan menciptakan pelanggan yang loyal, perubahan dari
kondisi ini juga mengakibatkan terjadinya pergeseran dari perekonomian.Dalam
meningkatkan persaingan masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan
persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi
selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.Seiring dengan
perkembanganya jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan alat transportasi
membawa angin segar bagi perusahaan otomotif terutama dibidang sepeda motor,
yang mana sangat dibutuhkan oleh banyak orang selain harganya terjangkau dan
mudah perawatanya.Persaingan yang semaikin ketat terjadi didalam dunia otomotif
khususnya produk sepeda motor karena produk ini merupakan alat transportasi
darat yang paling dominan dimilki dan dibutuhkan oleh masyarakat.memang tidak
mudah menjadi yang terbaik selain harus menyediakan kualitas terbaik juga ada
faktor pola perilaku konsumen yang tidak mudah ditebak apalahi di indonesia
yang terdiri dari banyak pulau, sehingga memilki ragam pola perilaku yang
berbeda pula.
Perilaku konsumen merupakan tindakan individu yang secara langsung terlibat
dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan produk dan jasa.termasuk
proses pengambilan keputusan yang mendahului dan mengikitu tindakan-tindakan
tersebut, dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa pemahaman terhadap
perilaku konsumen bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi cukup sulit dan kompleks,
khususnya disebabkan oleh banyaknya variabel yang mempengaruhi dan
variabel-variabel tersebut saling berinteraksi.meskipun demikian, bila hal
tersebut dapat dilakukan, maka perusahaan yang bersangkutan akan dapat meraih
keuntungan yang jauh lebih besar daripada pesaingnya, karena dengan dipahaminya
perilaku konsumen, perusahaan dapat memberikan keputusan secara lebih baik
kepada konsumen.
Dalam keputusan membeli barang konsumen seringkali ada lebih dari dua pihak
yang terlibat dalam proses pertukaran atau pembelianya.Umumnya ada lima macam
peranan yang dapat dilakukan seseorangada kalanya kelima peranan ini dipegang
oleh satu orang.namun, seringkali peranan tersebut dilakukan oleh beberapa
orang.pemahaman mengenai masing-masing peranan ini sangat berguna dalam rangka
memuaskan kebutuhan konsumen dan keinginan konsumen.kelima peran tersebut
adalah, pemrakarsa, pemberi pengaruh, pengambilan keputusan, pembeli, dan
pemakai.
Perialku konsumen lain yang mesti dicatat adalah masalah pengambilan keputusan
dalam pembelian.pengambilan keputusan dalam motor bebek diwarnai oleh
pertimbangan yang rasional yang sangat bertumpu pada function benefit.sisi
ekonomis menjadi pertimbangan utama sebagai pembentuk loyalitas.Reseller market
sangat menetukan loyalitas ini mereka dapat mengabaikan kenyamanan demi nilai
konsumen.
Persaingan yang sangat ketat juga dapat dilihat dari jumlah perusahaan yang ada
dalam industri sepeda motor di indonesia yang menurut Asosiasi Industri Sepeda
Motor Indonesia (AISI), saat ini terdapat 77 perusahaan assembling, manufaktur
dan importir sepeda motor di indonesia yang tercatat di Departemen
Perindustrian dan perdagangan.dari jumlah tersebut 6 diantaranya anggota AISI
yaitu Honda, Yamaha, Suxuki, Kawasaki, Kymco dan piaggio, serta 71 perusahaan
lainya diluar keanggotaan AISI dilihat dari banyaknya perusahaan yang berada
dalam industri sepeda motor yang menawarkan hasil produksinya dalam keunggulan
masing-masing menunjukan bahwa persaingan pada industri sepeda motor saat ini
sangatlah ketat.Dyonisius Beti (2009) menyatakan bahwa pertumbuhan pasar sepeda
motor akan lebih panjang mengingat populasi sepeda motor dibanding jumlah
penduduk relatif kecil.kalau di Thailandb1:4 artinya 4 orang per 1 motor, di
Jakarta rasionya belum mencapai 1:5 bahkan untuk rata-rata wilayah indonesia
baru mencapai 1:7,8.selain itu tingkat PDB indonesia yang relatif rendah
menunjukan indikasi sepeda motor masih menjadi sarana transportasi yan dapat
dijangkau dibanding mobil.grafik penjualan sepeda motor di indonesia menujukan
bahwa sepeda motor honda mengalami penurunan penjualan secara bertahap yang
dapat meruntuhkan dominasi sepeda motor honda sebagai market leader.hal ini
dapat terlihat dalam periode tahun 2005 sampai dengan tahun 2007, pada kurun
waktu 3 tahun tersebut penjualan sepeda motor berangsur-angsur menurun.pada
tahun 2006 penjualan sepeda motor Honda mengalami penurunan sebesar 308.022
unit dibandingkan dengan tahun 2005.pada tahun berikutnya, yaitu tahun 2007,
penjualan sepeda motor Honda juga mengalami penurunan sebesar 199.153 unit
dibandingkan dengan tahun 2006 dan mengalami peningkatan penjualan sebesar
733.561 unit ditahun 2008 yang sedikit memberikan nafas lega bagi manajemen
speda motor honda.sedangkan disatu sisi, perusahaan kompetitor utama Honda
yaitu Yamaha sedang mengalami tren peningkatan penjualan jika hal ini dibiarkan
terjadi, maka semakin lama dominasi honda akan runtuh dan digantikan oleh
produk yamaha.
Selain
itu dalam kurun waktu delapan bulan pada tahun 2009 Honda mampu mencatakan
penjualan sebanyak 1.698.558 unit dengan market share 45,68%.angka itu lebih
besar 0,39% dari penjualan yamaha yang selam ini menjadi rival utamanya.dalam
periode tersebut PT.Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang merupakan Agen
tunggal pemegang merek (ATPM) Yamaha di Indonesia hanya mampu menjual sebanyak
1.683.778 unit atau sekitar 45,29%.meskipun begitu, selisih penjualan antara
Honda dan Yamaha terbilang sangat tipis, sehingga Yamaha setiap saat dapat
merebut pangsa pasar yang selama ini dimilki oleh honda.Dari Besarnya pengaruh
yang diberikan oleh suatu merek yang sudah dianggap sebagai aset perusahaan
maka PT Astra Honda Motor selaku ATPM Honda menginginkan speda motor Honda
tetap menjadi market leader.salah satu indikator bahwa merek suatu produk
sukses dan dikenal luas oleh masyarakat adalah masuk didalam jajaran kategori
peringkat merek nasional.survei peringkat merek biasanaya dilakukan perusahaan
ternyata masih menjadikan survei sebagai salah satu indikator bahwa merek
mereka sukses dipasaran.Honda sampai saat ini memang masih menjadi raja dipasar
sepeda motor.kendati posisisnya masih teratas dan volume penjualan terus
menungkat, dari sisi persaingan honda terus tertekan dengan pesaingnya, bahkan
rentang penguasaan pasar honda dengan pesaingnya, terutama Yamaha, semakin
mengecil.untuk menghadapi persaingan tersebut produk honda selalu menciptakan
penemuan-penemuan baru yang disesuaikan dengan perkembangan jaman dan keinginan
dari masyrakat agar produksinya tetap laku dipasaran.Semakin majunya
perekonomian dan tekhnologi berkembang pula strategi yang harus dijalankan
perusahan khususnya dibidang pemasaran.untuk itu perusahaan perlu memahami atau
mempelajari perilaku konsumen dalam hubungnya dengan pembelian yang dilakukan
oleh konsumen tersebut.dalam menentukan jenis produk atau jasa, konsumen selalu
mempertimbangkan tentang produk atau jasa apa yang dibutuhkan, hal ini dikenal
dengan perilaku konsumen.sehubungan dengan keberadaan konsumen dan beraneka
ragam perilakunya maka produsen harus benar-benar tanggap untuk melakukan
pengamatan terhadap apa yang menjadi keinginanaya.jadi pada dasarnya pengusaha
mempunyai kewajiban untuk memenuhi dan memuaskan konsumen melalui produk yang
dutawarkan.faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen ada dua hal yaitu internal
dan eksternal.
Disamping
motivasi mendasari seseorang untuk melakukan keputusan pembelian akan
dipengaruhi juga oleh persepsinya terhadap apa yang diinginkan.konsumen akan
dipengaruhi juga oleh persepsinya terhadap apa yang diinginkan konsumen akan
menampakan perilakunya setelah melakukan persepsi terhadap keputusan apa yang
akan diambil dalam membeli suatu produk.selain persepsi akan muncul pola sikap
seseorang untuk merespon dengan cara yang menguntungkan atau tidak terhadap
objek yang dinilai.
Perlu
bagi Honda untuk menyadari bahwa selisih penjualan antara honda dan yamaha
sangat tipis, sehingga yamaha setiap saat dapat merebut pangsa pasar yang selam
ini dimilki honda.persaingan produk sepeda motor semakin ketat.perusahaan
berlomba-lomba memperluas pangsa pasarnya, mencoba menarik pelanggan dengan
cara mempengaruhi sikap konsumen agar bersedia membeli produk-produk
mereka.ketika suatu perusahaan mengalami penurunan pangsa pasar.akan terjadi
penurunan laba yang didapat akibat berkurangnya konsumen yang memakai produk
mereka.disadari atau tidak perusahaan yang mampu menguasai pasar adalah
perusahaan yang akan mendapatkan keuntungan lebih banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar